FAQ: Tentang Tabungan Rencana

Apa itu tabungan rencana?

Tabungan rencana adalah tabungan yang dimaksudkan untuk membantu nasabah dalam merencanakan sesuatu di masa depan, seperti liburan, atau biaya pendidikan. Jadi sebelum membuat tabungan rencana sebaiknya tetapkan terlebih dahulu tujuan anda menabung.

Nasabah diwajibkan untuk menyetor tiap bulan dengan nominal tertentu, selama jangka waktu tertentu. Nasabah "dipaksa" berdisiplin menabung setiap bulannya.

Sebelum jatuh tempo, nasabah wajib menyetorkan dana tersebut dan tidak boleh diambil uangnya. Setelah jatuh tempo, uang + bunga akan ditransfer ke rekening bank yang sudah ditentukan.

Apa keuntungan ikut tabungan rencana?

Anda dapat merencanakan dana untuk masa depan jauh-jauh dengan mudah. Plus bunga tabungan rencana biasanya lebih tinggi daripada simpanan biasa.

Misalnya 2 tahun lagi anda ingin liburan ke Eropa. Mulai dari sekarang anda dapat menabung misalnya Rp 500.000,- setiap bulannya sampai 2 tahun. Setelah dua tahun uang + bunga yang terkumpul dapat anda pakai untuk liburan.

Apa kerugian ikut tabungan rencana?

Bila anda gagal menyetorkan setoran rutin beberapa kali (biasanya 3x), anda bisa kena penalti/denda dan otomatis tabungan anda ditutup.

Untuk yang ikut program promo, biasanya setoran awal akan hilang bila anda gagal melakukan setoran rutin beberapa kali.

Apakah tabungan rencana bisa diambil sebelum jatuh tempo?

Pada umumnya sebagian dana di tabungan rencana bisa diambil sebelum jatuh tempo. Namun beberapa tabungan rencana akan mengenakan penalti/denda yang cukup besar bila diambil sebelum jatuh tempo.

Apakah setoran rutin bulanan bisa dirubah?

Pada umumnya tabungan rencana menyediakan setoran bulanan yang fleksibel, yang setorannya bisa ditambah atau dikurangin setiap bulannya.

Bagaimana cara menyetor uang ke rekening tabungan rencana?

Biasanya pihak bank mewajibkan anda mempunyai tabungan biasa di bank tersebut. Selanjutnya tiap bulan bank akan memotong sejumlah uang dari tabungan biasa sebagai setoran rutin bulanan ke rekening tabungan rencana.

Apakah tabungan rencana aman?

Selama tabungan rencana tersebut adalah produk bank yang dijamin LPS, maka tabungan anda aman karena dijamin oleh LPS.

Namun ada syarat lainnya agar tabungan tersebut dijamin oleh LPS. Syarat tersebut antara lain:

  • Nilai tabungan yang dijamin maksimum sesuai batas penjaminan LPS. Pada saat tulisan ini dibuat batas maksimum jaminan adalah 2 Milyar per bank per orang.
  • Tabungan yang dijamin yaitu tabungan yang suku bunga tabungan rencana di bawah suku bunga penjaminan LPS. Pada saat tulisan ini dibuat suku bunga penjaminan maksimum adalah 6%.
Untuk lebih jelas tentang penjaminan LPS bisa dilihat di http://www.lps.go.id

Pilih tabungan rencana di bank atau di asuransi?

Pada umumnya bunga tabungan rencana di asuransi lebih tinggi daripada di bank. Namun anda harus tahu resiko bila menabung di asuransi. Tabungan di asuransi tidak dijamin oleh LPS, jadi bila asuransinya tutup, maka uang anda hilang.
Jadi kami sarankan lebih baik menabung di bank saja selama syarat penjaminan LPS terpenuhi.

Apakah promo tabungan rencana menarik?

Biasanya ada promo tertentu untuk tabungan rencana, misalnya menabung berhadiah handphone atau notebook. Namun anda diwajibkan menyetorkan setoran awal yang cukup besar di awalnya. Setoran awal ini biasanya besarnya hampir sama dengan hadiah yang diberikan.

Setoran awal ini dijadikan jaminan bahwa anda akan tetap menyetorkan uang rutin sampai tanggal jatuh tempo. Bila tabungan rencana anda ditutup sebelum jatuh tempo, maka setoran awal tersebut akan hilang.

Jadi bila anda tertarik dengan hadiahnya dan mampu melakukan setoran rutin sampai tanggal jatuh tempo, maka program promo tersebut bisa anda ambil.

Namun perlu diketahui bahwa hadiah promo tersebut adalah bagian dari bunga tabungan. Jadi jangan sampai bunga perbulan ditambah hadiah lebih besar dari suku bunga penjaminan, karena ada resiko tabungan anda tidak dijamin oleh LPS.



SimulasiDeposito.com berusaha memberikan informasi sebaik dan seakurat mungkin. Simulasi dan informasi dalam website ini masih bersifat umum, untuk lebih jelasnya silakan konfirmasi ke pihak bank.